Blogger news

Welcome to my blog.. Thanks for visited ^,^

Popular Posts

02 May 2013

Uang, Bank, dan Penciptaan Uang

      Uang adalah alat tukar atau pembayaran yang sah dan resmi dalam proses pembelian atau pertukaran barang maupun jasa. Sebelum adanya uang, masyarakat pada zaman dulu menggunakan sistem barter atau saling tukar menukar barang. Dahulu orang-orang menggunakan system barter atau saling bertukar terhadap barang dibutuhkan satu sama lain, akan tetapi hal tersebut semakin lama diniliai kurang efektif. Dengan adanya uang, proses pembelian menjadi lebih efektif dan mudah di lakukan. Uang sendiri terbagi menjadi dua, yakni uang logam dan uang kertas.

      Nilai jual uang sangat berbeda dari zaman ke zaman padahal nominalnya sama. Hal itu dikarenakan pengaruh dari inflasi dan peningkatan perekonomian Indonesia, peningkatan kebutuhan masyarakat, daya beli yang tinggi, keterbatasan bahan baku dan lain-lain yang membuat nilai jual uang tersebut semakin berkurang. Kemudian terjadilah perbedaan nilai jual dari mata uang itu sendiri.


      Uang palsu saat ini sangat marak dibicarakan karena banyak beredar di masyarakat. Padahal pemerintah sudah membuat iklan dengan slogan 3D yaitu dilihat, diraba dan diterawang. Akan tetapi para penjahat di negara kita juga semakin hebat, dengan menggunakan mesin canggih yang mereka punya entah darimana, mereka bisa mencetak uang palsu lebih banyak. Terlebih lagi dengan adanya kertas khusus yang digunakan untuk mencetak uang resmi dari BI yang mungkin barang tersebut didapatkan dari "orang dalam". Oleh karena itu, sangat diperlukan pengawasan yang lebih untuk peredaran uang palsu.