Blogger news

Welcome to my blog.. Thanks for visited ^,^

Popular Posts

27 March 2013

Kanker (Cancer)




World Cancer Day yang diperingati pada tanggal 4 Februari, menjadi pengingat tentang bahayanya penyakit kanker. Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), kanker disebut-sebut merupakan "penyebab utama" kematian di seluruh dunia. Penyakit ini telah mencapai 7,6 juta kematian atau sekitar 13% dari semua kematian pada tahun 2008.

Berikut ini adalah beberapa jenis kanker :

      1. Kanker Serviks (Cervical Cancer)

Kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim.

      2. Kanker Payudara (Breast Cancer)

Kanker payudara yang didefinisikan sebagai suatu penyakit neoplasma yang ganas, yang berasal dari parenchyma. Penyakit ini oleh Word Health Organization (WHO) dimasukkan ke International Classification of Diseases (ICD).

      3. Kanker Nasofaring (Nasopharyngeal Cancer)
Nasopharyngeal cancer merupakan salah satu tumor ganas pada daerah tenggorok, yaitu di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut. Angka kejadian cukup tinggi di kawasan Asia Tenggara.
  
      4. Kanker Limfoma (Lymphoma Non-Hodgkin Cancer)
Limfoma Non-Hodgkin ini mempengaruhi limfosit, yaitu sejenis sel darah putih. Kanker jenis ini menempati urutan ketujuh jenis kanker yang paling membahayakan di dunia. Pada tahun 2010, kanker ini telah merenggut sebanyak 20.000 nyawa.

      5. Kanker Ginjal (Renal Cancer)
Kanker ginjal merupakan salah satu penyakit sistem ekskresi yang cukup berbahaya. Kanker ginjal atau hipernefroma (Renal cell carcinoma, RCC, hypernephroma) merupakan jenis kanker yang terdapat pada bagian ginjal atau disebut tubulus renal proksimal. Sekitar 80 % kasus terjadi pada orang dewasa.


Kanker telah merenggut masa depan banyak orang, serta anak-anak kecil di dunia seperti foto yang saya lampirkan di atas. Kita harus banyak belajar dari semangat orang-orang yang terjangkit kanker, yakni dengan cara mencegahnya.

Untuk mengetahui gejala-gejalanya kalian bisa lihat di :
Gejala Kanker Serviks
Gejala Kanker Payudara