Blogger news

Welcome to my blog.. Thanks for visited ^,^

Popular Posts

31 March 2013

Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks atau bisa disebut juga sebagai kanker mulut rahim adalah salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti para wanita. Dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat TERATAS sebagai penyebab kematian wanita di dunia.

Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.


      1. Pendarahan tak normal.
Wanita yang memiliki kanker serviks, biasanya akan mengalami pendarahan yang tidak normal pada bagian vagina. Dalam sebulan, pendarahan bisa sangat banyak atau hanya sedikit.

      2. Keputihan parah.
Gejala kanker serviksyang kedua adalah terjadinya keputihan yang cukup parah. Keputihan ini tentu saja berbeda bagi setiap wanita. Beberapa  wanita bisa mengalami keputihan yang berbau tak sedap, tebal, atau sangat berlendir.

      3. Nyeri panggul.
Para wanita bisa saja mengalami nyeri panggul saat mengalami menstruasi. Hal ini normal, akan tetapi kalian harus waspada jika nyeri panggul terjadi di saat-saat lainnya. Wanita yang memiliki kanker serviks biasanya mengalami nyeri panggul selama berjam-jam. Rasa sakit ini bisa berupa nyeri yang tajam, ringan, atau sangat parah.

      4. Nyeri saat buang air kecil.
Selanjutnya adalah merasa sakit dan nyeri saat buang air kecil bisa dirasakan penderita kanker serviks stadium lanjut. Hal ini biasa terjadi jika kanker serviks telah menyebar ke kandung kemih.

      5. Pendarahan saat tidak menstruasi setelah seks.
Dan yang terakhir adalah terjadinya pendarahan saat berhubungan seks. Hal ini disebabkan oleh iritasi pada leher rahim selama beraktivitas.

Setelah kalian mengeahui gejala-gejala diatas, kalian bisa memeriksanya sendiri. Dan jika ada yang menemukan gejala-gejala-gejala di atas segera periksa ya guys! Karna dengan pemeriksaan lebih lanjut kalian bisa dapat penanganan lebih baik.