Blogger news

Welcome to my blog.. Thanks for visited ^,^

Popular Posts

31 March 2013

Gejala Kanker Payudara

Apa yang ada di pikiran kalian jika membicarakan tentang kanker payudara? Para wanita pasti sering merasa takut akan kanker payudara, karena fakta telah membuktikan bahwa kanker payudara merupakan penyebab kematian kedua TERBESAR di Indonesia setelah kanker leher rahim (Kanker Serviks).

Menurut data dari Rumah Sakit Kanker Dharmais terdapat 126 kasus kanker payudara dari tiap 100.000 populasi wanita. Jika kanker payudara terdeteksi lebih cepat, risiko kematian pun bisa berkurang. Karena memang seseorang yang mengidap kanker payudara bisa sembuh. 

Untuk itu kita sebagai wanita harus mengetahui gejala-gejala dari kanker payudara. Berikut ini akan saya jelaskan tentang gejala-gejala kanker payudara.

      1. Benjolan di payudara. 
Kalian tidak boleh menyepelekan benjolan yang terdapat di payudara sekecil apapun itu. Umumnya, benjolan tidak terasa sakit dan ukurannya hanya sebesar kacang tanah. Tetapi, jika benjolan tersebut merupakan kanker, lama-kelamaan ukurannya akan bertambah besar. Lakukan pemeriksaan payudara sendiri secara teratur. Jika ada benjolan yang mencurigakan segera periksa ke dokter! 

      2. Perubahan bentuk dan warna pada puting.
Jika ada perubahan bentuk atau warna pada puting susu, kalian juga harus lebih waspada lho. Biasanya pada pasien kanker payudara puting tertarik ke dalam, berwarna merah atau kecoklatan serta keadaan kulit pun mengkerut seperti kulit jeruk.

      3. Keluar darah dari puting.
Salah satu gejala kanker payudara selanjutnya adalah keluarnya darah dari puting. Warna darahnya tidak selalu merah bisa juga agak kecoklatan. Untuk itu jika puting mengeluarkan cairan berwarna, segeralah konsultasi ke dokter ya!

      4. Pembesaran kelenjar getah bening
.
Dan yang terakhir adalah pembesaran atau pembangkakan kelenjar getah bening. Jika kalian menemukan pembesaran getah bening di ketiak, bengkak pada lengan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Setelah kalian mengeahui gejala-gejala diatas, kalian bisa memeriksanya sendiri. Dan jika ada yang menemukan gejala-gejala-gejala di atas segera periksa ya guys! Karna dengan pemeriksaan lebih lanjut kalian bisa dapat penanganan lebih baik.