Blogger news

Welcome to my blog.. Thanks for visited ^,^

Popular Posts

02 October 2013

Efek Kurang Tidur

Terkadang kita suka merasakan kurang tidur di malam hari karena berbagai macam alasan, dan tentunya hal tersebut akan membuat kita mengantuk dan lelah. Rasa ngantuk dan lelah memang sudah menjadi hal yang wajar.
Alasan kurangnya waktu tidur sendiri bisa disebabkan karena stress, medis dan lain sebagainya. Tapi tahukah kalian kalau kurang tidur dapat memberikan efek negatif?  

Efek Fisikal
Kurang tidur yang terjadi secara terus menerus akan memberikan efek negatifbagi tubuh kita saat melakukan kinerjanya sehari-hari. Mereka yang merasakan hal ini akan merasa ngantuk atau lelah. Kemampuan otak untuk berkonsentrasi atau fokus pada suatu hal akan berkurang dan ketahanan tubuh akan menurun yang dimana akan menyebabkan datangnya penyakit-penyakit lain seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Menaikkan Berat Badan
Kurang tidur yang berarti tidur malam akan berakibat dapat menaikkan berat badan kalian. Hal ini disebabkan karena kalian akan lebih cepat lapar dan tergoda untuk memakan sesuatu. Pada saat tidak tidur, metabolisme tubuh akan lebih tinggi dan hal itu akan membuat cepat lapar. Walaupun metabolisme tubuh tinggi, kalian tidak menjadi lebih kurus karena kalian akan tergoda untuk mencari makanan.

Memperburuk Kinerja Tubuh
Kurang tidur akan memberikan rasa lelah dan kurangnya daya tahan tubuh. Tetapi pada kenyataanya, kurang tidur dapat menyebabkan dampak negatif yang lebih buruk daripada yang di bayangkan.
Kita bergantung pada tubuh kita untuk secara kontan menghasilkan protein yang dibutuhkan untuk menggantikan beban yang telah dilakukan jaringan di dalam tubuh kita. Tetapi pada saat kita kurang tidur, hal ini akan menyebabkan berbagai dampak kepada metabolisme, radang, daya tahan dan stres. Tentunya hal itu akan menyebabkan tubuh kita kurang efektif dalam menghasilkan protein.

Efek Emosional
Kurang tidur juga berdampak pada emosional. Kurang tidur selama beberapa malam akan membuat seseorang menjadi sensitif dan gampang marah.

Penyakit
Yang terakhir, kurang tidur akan mengakibatkan menurunnya kesehatan tubuh. Dan yang sangat buruk adalah dapat menimbulkan penyakit-penyakit, antara lain adalah penyakit jantung, diabetes dan lain sebagainya.

Jagalah pola hidup yang sehat dengan tidur minimal 7 jam setiap malamnya agar tubuh menjadi sehat dan bugar. :D