Blogger news

Welcome to my blog.. Thanks for visited ^,^

Popular Posts

04 October 2013

Musik & Kepribadian Seseorang

Musik pastiya sudah tidak asing lagi ya dalam keseharian kita. Dari anak-anak kecil sampai orang dewasa pun rata-rata menyukai musik. Tenyata musik yang kita dengar sehari-hari ini bisa mempengaruhi kepribadian kita lho. Alunan musik memang terbukti secara ilmiah dapat mempengaruhi mood atau emosi seseorang. Dengan mendengarkan irama musik tertentu, seseorang bisa merasa gembira, optimistis atau malah sedih. Contohnya, jika si A sedang sedih lalu mendengarkan musik yang sedih pula, maka dia akan menangis sebagai tanda luapan emosinya.

Nah sekarang saya akan menjelaskan tentang kepribadian seseorang dari musik yang di dengarkan.

  1. Yang pertama adalah kategori musik lembut yaitu pop, jazz dan keroncong. Orang-orang yang mendengarkan musik lembut biasanya selalu berhati-hati dalam menghadapi masalah, memiliki kepatuhan yang tinggi, tidak gampang marah, tidak suka memancing kekacauan dan kemudian cenderung lebih sabar dan tabah.
  2. Yang kedua adalah kategori musik sedang yaitu alternatif, R&B, hiphop dan dangdut. Para penikmat musik ini, biasanya menganggap ringan masalah yang datang tetapi jika masalah yang dihadapi tidak kunjung selesai maka akan sangat merasa kebingungan, memiliki kepatuhan yang rendah, tidak suka diatur, lebih menyukai kebebasan berekspresi dan bergaya sesuai kemauan, tidak menyukai hal-hal yang ribet, suka menjauh dari hal-hal yang memungkinkan memancing kekacauan dan dalam keadaan tertekan dapat bersikap agresif.
  3. Yang ketiga adalah kategori musik keras yaitu rock dan metal. Orang-orang dalam kategori ini biasanya ingin segera menyelesaikan masalah yang ada, sehingga terkesan sangat terburu-buru, sangat mudah terpancing emosinya, sedikit bengal dan sulit diatur, kurang berpikir panjang, suka melibatkan diri dalam situasi yang memungkinkan memancing kekacauan dan suka memberontak pada keadaan yang tidak disukai.
  4. Yang terakhir adalah kategori orang-orang yang tidak menyukai musik. Berbeda dengan ketiga kategori sebelumnya, orang-orang yang tidak menyukai musik biasanya tenang dalam menghadapi masalah, jarang marah dan tidak memiliki banyak ekspresi untuk mengungkapkan suasana hatinya

Musik yang lembut akan merangsang kerja otak lebih baik lho dibandingkan dengan musik yang keras. Coba saja sebelum ujian kalian dengarkan musik klasik. ;D
Semoga bermanfaat :)