Blogger news

Welcome to my blog.. Thanks for visited ^,^

Popular Posts

22 April 2013

Penetuan Harga Permintaan dan Penawaran

Huku permintaan dan penawaran berbanding terbalik. Hukum permintaan menyatakan apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan. Sementara pada hukum penawaran bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun.

Sesuai dengan pertanyaan yang telah ditanyakan kepada kelompok saya, dapat kita ketahui bahwa saat suatu barang yang telah di pasarkan mengalami kerusakan sistem, produsen menarik kembali barang tersebut. Penarikan ini bukan disertai dengan pengembalian uang kepada para konsumen, akan tetapi produsen melakukan service secara cua-cuma kepada produk tersebut. Nah hal itu itu biasanya disebut garansi. Oleh karena itu ada baiknya setiap produsen dalam melakukan pemasaran haruslah memberi garansi kepada konsumen agar permintaan dari konsumen tidak berkurang.

Lalu bagaimana cara agar para konsumen tetap memilih buah lokal daripada buah impor yang lebih murah harganya? Seperti yang telah dijelaskan olehh ibu Ira, seharusnya pemerintah mengambil tindakan dalam hal tersebut. Bagaimana seharusnya pemerintah memberikan kemudahan oleh para petani untuk hal penanaman dan berbagai hal yang dibutuhkan oleh petani tersebut. Sehingga semakin banyak petani yang memilih untuk menanam buah tersebut, yang akan membuat harga buah lokal tidak terlalu mahal. Dalam hal tersebut, bukan hanya menguntungkan konsumen, tetapi juga para petani sebagai produsen.