Blogger news

Welcome to my blog.. Thanks for visited ^,^

Popular Posts

22 April 2013

Struktur Pasar

Pasar adalah proses interaksi atau tempat bertemunya antara pembeli -sebagai permintaan- dan penjual -sebagai penawaran- dari suatu barang ataupun jasa tertentu. Struktur pasar adalah penggolongan pasar berdasarkan strukturnya kepada beberapa bentuk pasar, berdasarkan pada ciri-cirinya. Seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri. Struktur pasar dibagi kedalam dua jenis, yakni pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

Pasar persaingan sempurna adalah persaingan yg terjadi dimana jumlah penjual dan pembeli yang banyak pada produk yang bersifat homogen atau produk yang sama.
Pasar persaingan tidak sempurna biasanya dibagi beberapa jenis, yakni :
  1. Pasar Monopoli
  2. Pasar Oligopoly
  3. Pasar Monopolistic
  4. Pasar Oligopsoni
  5. Pasar Duopoly
Pada presentasi kelompok 4, lebih dijelaskan tentang pasar Monopoli. Pasar Monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang menguasai terhadap permintaan banyak pembeli atau konsumen.

Kelompok 4 ini juga menjelaskan dengan contoh kasusnya pada PT PLN. PT PLN termasuk ke dalam pasar monopoli, dimana BUMN adalah satu-satunya produsen. Jika PT PLN dipegang oleh perusahaan Swasta, maka biaya yang perlu di keluarkan oleh masyarakat akan lebih besar, karena perusahaan tersebut pastinya juga mengejar keuntungan.